Galeri Undangan

Tips Membangun Komunikasi Sehat dengan Pasangan



 
Image source

Komunikasi adalah salah satu cara untuk mempererat ikatan pernikahan. Berikut tips untuk menjalin komunikasi sehat dengan suami.

1. Fokus
Fokus dalam berkomunikasi dengan pasangan sangat penting. Jika perlu sediakan waktu khusus untuk membahas masalah pernikahan Anda dengan pasangan. Jika fokusAnda terpecah, justru malah akan membuat konflik di dalam rumah tangga bertambah rumit. Bisa saja pasangan justru menilai Anda menyepelekan rumah tangga.

2. Mendengar
Jadilah pendengar yang baik. Menjadi pendengar yang baik adalah awal terjalinnya komunikasi sehat. Jangan semata ingin didengarkan saja.

3. Mengerti cara pandang pasangan
Saat Anda menjadi pendengar yang baik, secara otomatis, Anda bisa mengerti cara pandangnya.

4. Berempati
Saat Anda mengerti cara pandang pasangan, Anda menjadi lebih mengerti perasaannya. Berempati menjadi awal yang baik untuk melakukan kompromi dalam berumah tangga.

5. Menerima kritik
Tak ada orang yang selamanya benar dan selamanya salah. Kritikan dari pasangan adalah salah satu bukti bahwa Anda tak luput dari kesalahan. Terimalah kritikan itu dengan lapang dada, dan jadikanlah bahan introspeksi.

6. Time out
Jika komunikasi mulai memanas, tak ada salahnya untuk berhenti. Jangan sampai komunikasi Anda berubah menjadi pertengkaran. Jika emosi mulai naik, sebaiknya hentikan pembicaraan. Gunakan waktu lain untuk membicarakan masalah yang sempat tertunda.

7. Jangan menyerah
Tak selamanya komunikasi langsung berjalan lancar. Ada kalanya komunikasi mengalami kebuntuan. Tapi jangan menyerah. Anda bisa mencoba lagi saat kondisi emosi dan fisik Anda dan pasangan sudah lebih baik.

Credit to wolipop






add post | Wahoha

0 komentar:

Post a Comment



 

eFBez Copyright © 2010