Galeri Undangan

Ternyata Berat Badan Cepat Turun Jika Sekamar dengan Orang Gemuk



img
Foto: thinkstock

Ann Arbor, Tidak perlu takut akan ketularan gemuk jika tinggal sekamar dengan orang gemuk. Menurut penelitian, mahasiswi yang tinggal sekamar dengan teman bertubuh gemuk justru lebih sukses menjaga berat badan ideal.

Kesimpulan ini merupakan hasil penelitian di University of Michigan terhadap 144 mahasiswi tingkat pertama. Seluruh partisipan merupakan penghuni asrama putri, dengan kapasitas 2 orang dalam 1 kamar.

Mahasiswi yang sekamar dengan teman yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) di atas rata-rata ternyata tidak ketularan gemuk. Bahkan cenderung mengalami penurunan berat badan lebih besar dibanding mahasiswi yang berbagi kamar dengan teman yang sama-sama langsing.

Dalam 1 tahun masa pengamatan, penurunan berat badan pada mahasiswi yang teman sekamarnya gemuk rata-rata mencapai 1,13 kg. Justru pada mahasiswi yang teman sekamarnya sama-sama langsing, berat badan rata-rata hanya turun 0,23 kg.

"Kesimpulan ini sekilas terdengar konyol, namun ada penjelasan yang masuk akal mengenai hal itu," ungkap Kandice Kapinos, asisten peneliti yang bertindak sebagai juru bicara seperti dilansir dari Foxnews, Kamis (23/9/2010).

Menurut Kapinos, mahasiswi yang gemuk dan menyadari kondisi tersebut biasanya termotivasi untuk diet lebih ketat, olahraga lebih rajin dan mungkin mengonsumsi jamu pelangsing. Gaya hidup inilah yang lebih mudah ditularkan pada teman sekamar, dibandingkan kegemukan itu sendiri.

Hasil penelitian ini akan dipresentasikan dalam pertemuan rutin American Society of Health Economists yang digelar pada musim panas.

Credit to detikHealth.com






add post | Wahoha

0 komentar:

Post a Comment



 

eFBez Copyright © 2010