Galeri Undangan

Apa Yang Terjadi di Otak Wanita Saat Orgasme?



img

Dok. Thinkstock

Saat melakukan hubungan intim dengan pasangan, seorang wanita juga perlu mendapatkan orgasme. Sebenarnya apa yang terjadi di otak wanita ketika orgasme itu berlangsung? Sebuah penelitian mengungkapnya.

Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti di Universitas Rutgers, New Jersey, Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut diketahui orgasme mempengaruhi hingga 30 bagian yang berbeda dari otak termasuk area untuk merasakan emosi, sentuhan, kepuasan sukacita, dan memori.

Dalam penelitian tersebut, ada delapan wanita yang jadi objek. Mereka diminta berbaring di bawah selimut di dalam sebuah alat pemindai Magnetic Resonance Imaging (MRI). Alat tersebut mirip seperti alat yang digunakan untuk mendeteksi tumor otak.

Saat diteliti, kebanyakan wanita tersebut membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk mencapai orgasme. Namun ada juga yang memakan waktu sampai 20 menit untuk mencapainya.

Selama diteliti, MRI mengambil gambar dari otak kedelapan wanita tersebut setiap dua detik untuk menunjukkan bagian mana yang aktif saat orgasme terjadi. Para peneliti menemukan bahwa dua menit sebelum orgasme, struktur otak yang mengatur reward system menjadi aktif. Bagian tersebut biasanya diaktifkan bila manusia makan dan minum.

Sebelum mencapai puncak orgasme, daerah lain dari otak menjadi terpengaruh seperti korteks sensori, yang menerima 'menyentuh' pesan dari bagian-bagian tubuh dan thalamus, yang mengirimkan sinyal ke bagian lain dari tubuh. Saat orgasme terjadi, bagian otak lain pun diaktifkan seperti area yang merasakan emosi.

Bagian otak terakhir yang aktif adalah hyphothalamus, otak yang mengatur suhu, kelaparan, haus dan kelelahan. Pada saat yang sama daerah lain yang bertanggung jawab untuk kesenangan juga diaktifkan, begitu juga area otak yang bertanggung jawab untuk memori.

"Pada wanita, orgasme menghasilkan respon yang sangat luas di otak dan tubuh," jelas Barry Komisaruk dari Universitas Rutgers, seperti dilansir Daily Mail.

Ketika merasa orgasme, beberapa wanita yang diteliti itu juga terlihat mengangkat tangannya beberapa kali, sedangkan beberapa lainnya hanya beberapa detik. Dari penelitian tersebut, Komisaruk menyimpulkan, wanita bisa merasakan orgasme lebih lama dan beberapa kali. Waktu orgasme wanita rata-rata 10-15 detik, sedangkan pria hanya sampai 6 detik.

Via: wolipop.com






add post | Wahoha

0 komentar:

Post a Comment



 

eFBez Copyright © 2010