Galeri Undangan

Goa Fingal di Skotlandia Yang Menakjubkan



Gua Fingal di Skotlandia



Gua Fingal adalah gua laut di pulau tak berpenghuni Staffa, di Inner Hebrides of Scotland, bagian dari Cagar Alam Nasional yang dimiliki oleh National Trust untuk Skotlandia. Hal ini terbentuk sepenuhnya dari kolom basal hexagonally-jointed, mirip struktur (dan bagian dari aliran lava yang sama kuno sebagai) Raksasa Causeway di Irlandia Utara, dan orang-orang Ulva dekatnya.
Dalam kedua kasus, permukaan pendinginan massa lava panas retak dalam sebuah pola heksagonal dalam cara yang mirip dengan pengeringan lumpur retak karena menyusut, dan retakan ini secara bertahap diperluas ke dalam massa lava seperti yang didinginkan dan menyusut untuk membentuk kolom , yang kemudian terpapar oleh erosi.

Ukurannya dan atap melengkung alami, dan menakutkan suara yang dihasilkan oleh gema gelombang, memberikan suasana katedral alam. Gaelic nama Gua itu, Uamh-Binn, berarti gua melodi. Gua itu dibawa ke perhatian dunia berbahasa Inggris dengan abad ke-18 naturalis Sir Joseph Banks pada tahun 1772. Ini dikenal sebagai Gua Fingal setelah sang pahlawan eponymous sebuah puisi epik oleh Scots abad ke-18 penyair sejarawan James Macpherson.

 Ini merupakan bagian dari siklus Ossian tentang puisi diklaim telah didasarkan pada puisi lama Gaelic Skotlandia. Dalam mitologi Irlandia, pahlawan Fingal dikenal sebagai Fionn mac Cumhaill, dan disarankan agar Macpherson diberikan nama sebagai Fingal (berarti orang asing putih) melalui salah pengertian dari nama yang di tua Gaelic akan muncul sebagai Finn. legenda telah Fionn atau Finn bangunan jalan lintas antara Irlandia dan Skotlandia. Gua ini memiliki sebuah pintu masuk melengkung besar dan diisi oleh laut, namun, perahu tidak bisa masuk.

Beberapa perusahaan lokal termasuk lewat gua di kapal pesiar keliling dari bulan April sampai September. Namun, mungkin juga untuk tanah di tempat lain di pulau itu dan berjalan ke darat gua, di mana sederet kolom fraktur membentuk jalan tepat di atas tinggi permukaan air yang memungkinkan eksplorasi dengan berjalan kaki. Dari dalam, pintu masuk tampaknya bingkai suci pulau Iona melintasi air.


Sumber: wikipedia

Brikut Video dari youtube:










add post | Wahoha

0 komentar:

Post a Comment



 

eFBez Copyright © 2010